Masalah nama dan arti Pela Gandong bagi masyarakat Maluku

Gandong, sio gandong e… Adalah sebuah ungkapan yang sangat sering dipakai oleh anak – anak adat dari Maluku. Terutama sekali di antara mereka yang mempunyai hubungan persaudaraan sekandung dalam perserikatan negeri – negeri Pela.

Apakah ungkapan “Gandong” itu mempunyai daya perekat tersendiri bagi anggota masyarakat – masyarakat pela. Apakah nanti dengan nada sinis generasi orang – orang Maluku di masa yang akan datang akan melecehkan konsep pela gandong itu sendiri. Pertanyaan semacam ini perlu dikemukakan, mengingat ada kecenderungan bahwa orang tidak terlalu berharap akan makna suatu nama. Generasi sekarang malah memilih – milih nama agar tidak terlalu jelek kedengarannya.

Bahasa yang digunakan di Maluku mengenal semacam akar kata yang berasal dari bahasa Indonesia, sebelum ia dipakai sebagai kata dasar. Dalam pemakaiannya maka kata dasar ini sering ditambahi aksara pada bagian awal, sisipan, atau pun akhiran. Jadi, akar kata dan kata dasar tertentu menunjukkan bahwa vokal tertentu dapat melambangkan makna tertentu pula. Hal semacam ini dapat kita banding antara kata kandung (dalam bahasa Indonesia) dan gandong (dalam bahasa Ambon).

Orang Ambon yang tadinya berasal, antara lain dari kehidupan sosial di Nunusaku, sebagai manusia Timur, jelas mempunyai orientasi yang lain dalam menentukan nama bagi suatu perserikatan antar negeri – negeri yang disebut Pela Gandong.

Umumnya, orang Ambon berpikir lebih lama sebelum nama ditentukan. Apa yang orang Ambon alami, dapat dianggap sebagai perlambang yang harus diterjemahkan dalam bentuk pengertian bahasa tanah di Maluku.

Demikianlah halnya dengan nama pela gandong. Yang paling penting, nama pela gandong yang telah disandang sebagai hasil pemberian para “founding father”, harus kita terima dengan penuh rasa terima kasih dan rasa bahagia.

Gandong adalah rahim dan pangku, suatu pusat dan awal dari pada segala sesuatu yang hidup.

Sumber : Lembaga Kebudayaan Provinsi Maluku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Powered by WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: